Apa sih bedanya 3DS region Asia,Japan,Europe,dan US ?

gamers,saya masih lihat beberapa gamer yang ingin beli 3DS masih bingung dengan masalah 3DS yang beda region. ok,secara bentuk sih sama,dan yang pasti beda bahasanya. Tapi ada yang harus perlu kalian ketahui lagi karena hal tersebut sangat penting..yaitu sistem Region-Locknya,sistem yang menurut saya membuat masing-masing 3DS dari berbagai region itu berbeda. nah karena hal tersebut kali ini saya mau ngebahas sedikit mengenai Region-Lock system

Sistem Region-Lock yaitu dimana,contohnya,kita punya 3DS region US,nah karena kita punyanya yang region US,maka kita tidak dapat memainkan game yang selain regional US,begitupun sebaliknya,3DS Jepang ya hanya bisa memainkan game Jepang,3DS Europe version pun juga begitu

kalau untuk 3DS regional Asia,dia bisa memainkan game US karena basic softwarenya memang dirancang khusus untuk bisa memainkan game US..namun saya bingung kenapa mereka rilis 3DS Asia ya,toh mainin gamenya bisa game yang region US juga yang 3DS Asia…mungkin per-region harus jual masing-masing ya.

untuk contoh lainnya lagi,di Youtube saya menemukan video seperti berikut

dengar sendiri kan? sang Uploader aja bilang “nothing shows up….”

selanjutnya,yang bikin menyebalkan dari Region-Lock system ini adalah,banyaknya game Jepang yang keren-keren,contohlah dahulu,ketika belom ada berita konfirmasi Monster Hunter 4 bakal rilis versi US-nya,gamer 3DS yang ingin benar-benar ingin memainkan game tersebut harus membeli 3DS regional Jepang,sehingga mereka punya dua 3DS……Saya tidak tahu,tapi bagi saya kalo ini taktik bisnis..taktiknya ya agak menyebalkan juga jadinya…..Toh menurut saya kalaupun tidak pake Region-Lock,tidak ada pihak yang dirugikan…

Keseluruhan,perbedaan 3DS masing masing region itu yang paling terlihat adalah Region-Locknya itu..maka dari itu kalau anda bertanya kepada saya “tidak ada yang lain lagi perbedaannya?” ya saya cuma bisa jawab satu “software bahasa yang digunakan”  sudah itu saja

One response to “Apa sih bedanya 3DS region Asia,Japan,Europe,dan US ?

  1. “kalau untuk 3DS regional Asia,dia bisa memainkan game US karena basic softwarenya memang dirancang khusus untuk bisa memainkan game US..namun saya bingung kenapa mereka rilis 3DS Asia ya,toh mainin gamenya bisa game yang region US juga yang 3DS Asia…mungkin per-region harus jual masing-masing ya.”

    Dari hasil saya baca2 di forum luar negeri sih, 3DS Asia itu diproduksi di Singapur. Mereka kasih label “Asia” karena voltase charger-nya sudah mereka ubah supaya sama dengan tempat kita tinggal (220 volt).

    Cuma mau share saja sih. CMIIW.

Leave a Reply

