Ni No Kuni Wrath of The White Witch – Review

Ni-No-Kuni-Logo logo

Halo gamers dipenjuru dunia,kali ini saya akan review personal pengalaman saya ketika bermain game Ni No Kuni Wrath of The White Witch untuk Playstation 3.

Story/Cerita

dimulai dari storynya,story dalam game ini bisa dibilang hampir sama seperti cerita dalam film-film animasi karya Studio Ghibli. bagi saya sendiri,ceritanya itu menarik,menyentuh dan seru sekali. Ni No Kuni berhasil membuat cerita yang sangat baik. Sejujurnya,dalam game ini ada kejadian yang saya alami juga didunia nyata. benar benar seperti mengetuk hati banget😀 . storynya sendiri bisa dinikmati semua kalangan~

Animation/Animasi

“Animasinya bagaimana? katanya ada kolaborasi sama Studio Ghibli kan?” Wah gamers,untuk jawab pertanyaan ini,saya dengan tidak ragu menjawab “BEAUTIFUL!”. animasinya sangat detail! bahkan mereka memperhatikan detail terkecil. Semua animasi disini memang ditangani oleh Studio Ghibli langsung jadi kalau anda maen dan merasa kalau dunianya,fieldnya,dungeon,dan tempatnya mempunyai gaya khas Ghibli,kalian tidaklah salah!

animasi yang khas dari Studio Ghibli memberikan sentuhan sangat khas dalam game ini

animasi yang khas dari Studio Ghibli memberikan sentuhan sangat khas dalam game ini

Gameplay

gameplay sendiri mempunyai keunikan sendiri. disatu sisi,game ini mempunyai sistem yang sama seperti Pokemon,yaitu memelihara pet yang dapat membantu kita dalam pertarungan,disebut Familiar ( bahasa Jepangnya Imajin) namun disisi lain,tidaklah sama seperti Pokemon. dalam game ini,semua Familiar yang sudah waktunya berubah harus kita berikan suatu item bernama Drop,dan untuk merubahnya ke form/bentuk yang terakhir,harus kita berikan Jumbo Drop. dalam battle systempun juga begitu,di satu sisi mirip dengan Final Fantasy 12,namun disisi lain,tidaklah sama dengan Final Fantasy 12. saya dulu pernah memainkan Final Fantasy 12,namun tidaklah sampai tamat,hanya di awal-awal. jadi berdasarkan apa yang saya ingat,dalam Final Fantasy 12 itu untuk spesial sendiri harus memilih skillnya,namun di Ni No Kuni,kita harus mengambil sebuah orb yang dikeluarkan dari musuh untuk melakukan spesial dan masing masing Familiar cuma punya satu spesial,di game ini kita menyebutnya Unique Skill. dalam battle pun kita dapat memberikan command kepada teman kita. secara keseluruhan battle systemnya sangat seru dan unik.

battle systemnya sendiri unik dan menyenangkan.

battle systemnya sendiri unik dan menyenangkan.

998014_20130122_screen038

spesial dapat dilakukan ketika kita ambil Orb Berwarna emas

di Ni No Kuni sendiri juga ada Side Quest yang bisa kita lakukan,dan kalau berhasil kita lakukan,ada Reward yang umumnya bagus semua menanti untuk diambil😀 . Side Quest di Ni No Kuni terdiri dari Bounty Hunter dan juga Errands Help. Bounty Hunter adalah dimana kita memburu beberapa monster tertentu dan nantinya kita akan mendapatkan reward dari hasil perburuan kita. Kalau Errands,itu dimana kita membantu warga dan melakukan apa yang ingin dia bantu. oh iya,selain barang,dalam menyelesaikan Side Quest ini kita dikasih hadiah stamp yang kalau kita kumpulkan dapat membuka beberapa skill terbaru yang dapat membantu kita dalam memainkan game ini

di game ini juga kita mempunyai dua kendaraan yaitu kapal laut dan juga naga,ow yeaaah! seperti JRPG klasik pada umumnya😀

menjelajah langit dengan naga!

menjelajah langit dengan naga!

mengarungi lautan dengan kapal laut,yeah!

mengarungi lautan dengan kapal laut,yeah!

Music

nah,Musiknya sendiri,beeeeeeh! jangan ditanya lagi. di compose oleh Joe Hisaishi,sang komposer yang sering sekali membuat lagu untuk film-film animasi Studio Ghibli,membuat game ini semakin berasa kalau ini juga karya Studio Ghibli. musiknya bisa saya bilang EPIC!

berikut contohnya ( video berasal dari youtube)

dan juga ini

namun disisi lain,game ini juga ada Minusnya. apa aja? inilah menurut saya minusnya

1. MP teman yang cepet banget habis!

“Kok bisa cepet habis? kan bisa ambil dari orb-orb yang bertebaran di arena field” iya itu memang bener,tapi disini itu tidak tahu kenapa,ketika teman kita kehabisan MP,mereka malah tidak mengambil MP Orb,malah biasanya ketika health mereka sudah low,mereka ambil HP Orb..yang saya bingungkan kenapa kalo HP Orb aja si Computer masih ambil pada saat HP low,eh giliran MP abis,ga diambil tuh MP Orb -__-”  Alhasil saya harus switch karakter dulu buat ambilin MP Orbnya..kadang kadang sih si Computer ngambil MP Orbnya,tapi JARANG!

2. Voice Acting yang terlalu sedikit

Saya merasa kalo disini kebanyakan dialog tidak mengeluarkan suara sama sekali,cuma hanya ada kotak dialog…menurut saya,seharusnya di kebanyakan event-event penting (atau dapat saya bilang yang nyambung dengan cerita utama)  itu adegannya ada suaranya. contohlah Persona 3 dan Persona 4,mereka setiap ada Event Penting (entah itu lagi bercanda atau bagaimana,yang penting nyambung sama cerita utamanya) itu ada suara dialognya. namun di game ini,sedikit sekali,kalopun ada yang bersuara,kebanyakan yang saya lihat itu cuma sebentar (tidak tahu ya ending bagaimana,logikanya sih pasti dialognya ada suara,kan ending ). Padahal suara dialog dalam sebuah event itu bagi saya penting,untuk memberikan suasana kalo memang game itu sedang bercerita….

Overall

keseluruhan game ini sangat menyenangkan dan GREAT! game yang wajib dimainkan untuk para pecinta JRPG dan yang mempunyai Playstation 3.

oh iya ini beberapa reviews dari gaming website yang saya bilang patut untuk dibaca mengenai game Ni No Kuni

http://www.metacritic.com/game/playstation-3/ni-no-kuni-wrath-of-the-white-witch

http://kotaku.com/5980747/ni-no-kuni-the-kotaku-review

http://www.ign.com/articles/2013/01/15/ni-no-kuni-wrath-of-the-white-witch-review

http://www.joystiq.com/2013/01/23/ni-no-kuni-review/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s