AYO,BELI GAME ORIGINAL!

Halo,gamer! Kali ini saya ingin menceritakan pengalaman pribadi saya di dunia game

Dahulu kala,ketika saya masih kecil,yaitu TK,hingga SMA,saya hanya bermain Nintendo DS dan PS1 dan PS2, dan saya memainkan hampir semua gamenya dengan status game bajakan. Nah,kan saya tulis kata “hampir” lalu apa dong game original yang saya mainkan ketika dari masa dahulu saya tersebut? hanya ada dua game original yang saya mainkan,yaitu Pokemon Soul Silver dan Final Fantasy The War of The Lions.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

game Pokemon Soul Silver

PokeWalker,Tamagotchi versi Pokemon

PokeWalker,Tamagotchi versi Pokemon

nah,berlanjut dari situ,saya tetap masih memainkan game bajakan untuk game lainnya di Nintendo DS. Selanjutnya,beberapa bulan berlalu,saya membeli PSP dan di PSP,saya memainkan game bajakan pula. Game asli PSP yang saya punya adalah game Final Fantasy Tactics : The War of The Lions. Saya memutuskan beli originalnya karena jatuh cinta pada gamenya. beberapa bulan kemudian,saya dikagetkan dengan pemberitaan bahwa CING,developer game Hotel Dusk dan The Last Window,salah satu game favorit saya di Nintendo DS gulung tikar,alasannya karena,kalau tidak salah,kerugian yang terlalu besar sehingga mereka tidak bisa lagi membiayai biaya produksi gamenya. ini benar-benar mengagetkandan membuat saya sedih dan kesal pada diri sendiri,karena game mereka itu benar-benar bagus. serius,bagus! game ini mempunyai kekuatan seni yang kuat dalam dunia game,dan dari kejadian tersebut,saya mulai berniat untuk membeli game original. Setelah kejadian tersebut,saya ingin,jika saya mampu dan ada kesempatan,saya akan beli game original. oh iya,berikut ini gambar dan video mengenai Hotel Dusk dan Last Window

big-hotel-dusk-room-215-ost

Hotel Dusk Room 215,salah satu game mahakarya di Nintendo DS

Last Window,sequel dari game Hotel Dusk,menjadi karya terakhir dari CING

Last Window,sequel dari game Hotel Dusk,menjadi karya terakhir dari CING

di video ini,anda akan melihat bagaimana proses game Hotel Dusk series dibuat

dan berikut ini artikel-artikel dari internet mengenai masalah CING :

http://www.nintendolife.com/news/2010/03/cing_goes_bankrupt

http://www.1up.com/news/cing-declares-bankruptcy

http://en.wikipedia.org/wiki/Cing

kalau anda bertanya “lah,kan anda pernah tuh beli 2 game original,berarti tandanya anda mampu dong?” Okay okay,saya akan jawab. pada saat Nintendo DS dan PSP masih dimasa jayanya,pengalaman saya,selama saya berkunjung beberapa toko game di daerah tempat saya tinggal,hanya beberapa toko game yang menyediakan game original. saya hanya tau tempat yang menjual game original itu adalah di PSE (Jakarta)dan di PSE pun setahu saya pada saat DS masih berjaya, tidak terlalu banyak game originalnya ,kemudian di tempat toko mainan namun biasanya di tempat toko mainan itu harganya jauh lebih mahal dan stock gamenya tidak banyak sehingga game yang saya ingin mainkan jarang sekali ada,tidak tahu kalau ada beberapa orang yang menyediakan jasa pembelian barang dari amazon,eBay,Play-Asia,HobbyJapan,Ami-Ami,dan toko game online luar negeri. untuk game Pokemon SS,saya membelinya di PSE Mangga dua dan Final Fantasy Tactics dari Kaskuser (kaskus). Selanjutnya adalah minimnya informasi,ya,saya kurang tahu bagaimana kuantitas game original di kota tempat saya tinggal,namun saya berpikir kalau jumlahnya pasti sedikit,mengingat game DS dan PSP mudah sekali dibajak,sehingga mudah sekali untuk mendapatkan gamenya,entah itu datang ketoko dan minta tolong orang tokonya atau kita dapat mendownload sendiri lewat internet. Yang terakhir adalah harganya yang mahal sehingga saya kurang antusias untuk membeli yang original dan berpikir seperti ini “ngapain main game mahal-mahal”.

lalu jika anda punya pertanyaan “kenapa beli yang original hanya dua game tersebut? kenapa yang lain tidak?” Nah,ini dia gamer..saya untuk yang pokemon,karena ada pokewalker,namun untuk yang Final Fantasy Tactics,itu karena bener bener kepingin dan ceritanya yang membuat saya jatuh cinta. entah bagaimana pada saat itu tiba-tiba saya kepingin aja beli originalnya karena rasa kagum yang terlalu berlebihan dengan ceritanya. kemudian saya membeli game originalnya juga karena harganya murah. ya bisa dibilang diskriminasi lah karena game lain yang saya juga suka justru tetap bajakan

gamer,itulah tadi masalahnya kenapa saya masih beli game bajakan pada saat itu. Namun semenjak saya punya 3DS dan PSVita,saya mulai beli game original.  ya,itu pasti ya karena game 3DS dan PSVita kan masih belom bisa dibajak,namun untuk PS3 sendiri,saya tidak install software game bajakan,saya beli game original. Kenapa? Alasannya karena,seperti sebelumnya,saya tidak ingin developer game kesukaan saya gulung tikar seperti Kasus perusahaan CING dan lagipula dengan memainkan game original pasti ada benefitnya, salah satunya yaitu ketika kita main online,pasti kita tidak akan di blokir akunnya karena kita telah membeli game original.

kumpulan game original Xaybu

kumpulan game original Xaybu

Jadi saya sarankan jika kamu memang MAMPU dan punya KESEMPATAN untuk membeli game yang original,maka belilah daripada mendownload atau membeli data bajakan gamenya. Mungkin developer game kesukaan kalian belum mengalami masalah krisis keuangan saat ini,namun jika budaya pembajakan game ini terus berlanjut maka saya yakin pasti akan ada masa “istirahat” atau lebih buruknya masa kepunahan game kesukaan kalian,dan juga,hargailah karya sang pembuat game karena bagaimanapun juga game juga bisa menjadi suatu bagian dari seni,dan salah satunya terdapat di game Hotel Dusk series. Jadi  bagi yang mampu,ayo beli Game Original! Kalian tidak mau kan developer game kalian bangkrut atau gulung tikar? Saya sendiri sekarang sedang dalam tahapan ingin membeli game-game DS original. baru ada 3 game original setelah Pokemon Soul Silver yaitu Pokemon Black and White 2 dan Ni No Kuni. Namun karena banyak game 3DS yang keren-keren,jadi saya prioritaskan terlebih dahulu untuk game-game 3DS. Target saya kedepan,saya bisa membeli game Nintendo DS seperti Hotel Dusk series,Prof,Layton series,Phoenix Wright series,The Worlds End With You,dan beberapa game  Nintendo DS lainnya yang saya suka.

2 responses to “AYO,BELI GAME ORIGINAL!

  1. sebenernya gw pngn kyk lu jga tp mslhnya hrga mata uang rupiah thd dollar trs meningkat jd hrga game ori jdi lbh mahal. Gw pngn klo hrga mata uang rupiah thd dollar ktknlh 1$US= Rp6000 aj psti hrga’a murah cntohnya harga game ps3 ori yg baru psti hrganya 60$ krn hrga kurs Rp 6000 psti hrganya cma Rp 360.000. Tp blk lgi ke mslhnya krn kurs skrg mahal gw mls bli game ori

  2. Memang sebaiknya beli game original,
    tp masalahnya harga game original 3DS ama Vita mencapai 400rb lebih, malah ada yg 800rb,
    Bukan berarti saya tidak mau beli game original,
    Tp keadaan yg memaksa harus pakai game bajakan (╥﹏╥)

    Coba harga game original berkisar 100rb,
    Bisa beli tuh game orisinil.

    Sekarang ada console baru, PS4 dan XBox One…
    Harga game originalnya mencapai 500rb (╥﹏╥).

    Jadi bukannya gak mau beli game orisinil.

Leave a Reply

